Peran Himpunan Mahasiswa (HIMA)



            HIMA memegang peranan penting disetiap universitas karena disinilah tempat berkumpulnya para mahasiswa dalam meuangkan ide dan gagasan mereka, berkarya, kreatif, dan inovatif, mengembangkan potensi, talenta, dan minat mereka dalam berbagai bidang. Peran mahasiswa sangatlah dibutuhkan dalam lembaga pendidikan khususnya di universitas. Karena mahasisawa disamping untuk mengembangkan lembaga pendidikan tersebut, mahasiswa ikut berpartisipasi dalam segala kreatifitasnya, baik dalam akademis maupun non-akademis. Peran mahasiswa di dalam dunia akmpus di butuhkan sekali, karena itu merupakan kunci bahwa mahasiswa itu aktif, kreatif, mandiri, kritis, inovatif, dalam mengerjakan segala sesuatu hal dalam ruang lingkup khususnya dibidang pendidikan baik iu di dalam universitas maupun juga di dalam universitas lainnya.
Pada dasarnya, akademi di kampus merupakan tanggung jawab seluruh mahasiswa kampus, walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa dosen tidaklah menjadi satu-satunya sumber untuk mendapatkan pendidikan. Nmaun proses pembelajaran banyak didapatkan pada organisasi kampus. Organisasi juga menjadi tempat yang paling bagus untuk pencarian jati diri seorang mahasiswa. Dengan mengikuti beberapa kegiatan yang dilakukan diluar perkuliahan akan membuat seorang mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam berorganisasi dan bekerjasama dengan oorang lain dalam menyusun/merencanakan program yang telah dirancang dan kemudian dilaksanaknnya dengan sebaik mungkin bersama dengan partner kerja mereka.
Dengan kemandirian, kreatifitas, inovasi, yang ada dalam diri mahasiswa itu maka peran mahasiswa tersebut sangat dibutuhkan sekali didalam lembaga pendidikan. Disamping dapat menguntungkan juga menambah wawasan kita dalam segala bidang seperti dalam teknologi, pendidikan, budaya, dan sosial. Kita dapat melihat contoh kecil dari peran mahasiswa baik dalam akademik ataupun non-akademik. Maksud dari akademik dapat dicontohkan turut ikut serta aktif dalam mengikuti semua sistem pembelajaran dan dapat mengerti situasi dan unggung dalam setiap hal pembelajaran khususnya dalam perkuliahan sehari-hari. Sedangkan maksud dari non-akademis ialah ketika mahasiswa mengikuti beberapa kegiatan-kegiatan diluar kampus seperti ekstrakulikuler, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), HIMA (Himpunan Mahasiswa), BEM, dll. Hal tersebut bisa dilakukan oleh mahasiswa selain mengikuti perkuliahan sehari-hari.
Anonym – pengurus HIMA KMJ PLS 2014-2016

1 komentar:

  1. Terima Kasih Min, Artikel Ini Bermanfaat Sekali Untuk Tugas Essay Makrab ku :')

    BalasHapus