Adik Baru : Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)




Jreng…jreng…jreng… Seorang siswa kelas 3 SMA/Sederjat, diterima menjadi seorang mahasiswa Perguruan Tinggi dapat dibilang bangga atau bahkan biasa tergantung persepsi orang yang merasakannya. Admin merasakan hal semanagat baru karena kali ini mendapati adik baru. Balutan seragam putih abu masih menghias tubuh ketika registrasi ulang dilaksanakan di UPI. Biasanya setelah melakukan registrasi ulang, seluruh siswa akan disambut oleh akang-teteh/kakak tingkatnya. Bertempat di halaman belakang BAAK dengan kebanggaan pakaiannya dan bendera himpunannya, akang-teteh dari semua jurusan bersatu dan bersorak menyambut kedatangan adik baru. Yeeayyy…. Setelah itu diajak ke stand keluarga jurusannya masing-masing dan ditanya atau diminta mengisi beberapa berkas. Khusus untuk Pendidikan Luar Sekolah, ada 6 meja yang harus dijumpai oleh adik baru.
Pertama, meja biodata. Disini adik-adik diminta mengisi biodata sejelas mungkin. Ini akan menjadi database himpunan dan jika sewaktu-waktu diperlukan akan digunakan sebagaimana mestinya. Hal disini juga akan diberikan info-info selanjutnya mengenai kegiatan yang akan diikuti seperti MOKAKU dan lain sebagianya. Jadi, pengisian biodata disini sangat penting. Penjaga meja biodata ini adalah dari bidang BPH, terutama sekretaris.
Kedua, meja rohani. Bagi yang beragama Islam, meja rohani ini diisi dengan pengetesan membaca Al-Qur’an. Hal ini turut mendukung dan mempersiapkan adik-adiknya karena ketika menjadi mahasiswa, hal serupa akan turut dites pula di kegiatan Tutorial PAI pada semester 1. Selain tes baca Al-Qur’an, pengetahuan seputar agama Islam pun ditanyakan di meja ini. Pengetahuan sederhana dalam mengokokohkan atau menyadarkan keimanan kita. Penjaga meja rohani ini adalah delegasi dari bidang rohis.
Ketiga, meja PLS. Sejauh mana adik-adik kita mengetahui Pendidikan Luar Sekolah. Apakah mengetahui banyak atau belum mengetahui sama sekali tentang Pendidikan Luar Sekolah. Berapapun presentase pengetahuannnya, di meja ini pun diberikan pemahaman kembali mengenai Pendidikan Luar Sekolah bagi adik-adik yang baru bergabung dan akan menjadi bagian keluarga Pendidikan Luar Sekolah UPI. Penjaga meja PLS ini adalah delegasi dari bidang PPA
Keempat, meja minat bakat. Setiap orang mempunyai potensinya masing-masing. Mahasiswa PLS jika ingin mengembangkan suatu bakat, harus dapat mengidentifikasi untuk mengetahui kebutuhan warganya. Selain mengisi kejujuran minat dan bakatnya, adik baru kita harus menampilkan salah satu hobinya. Seru dan memunculkan keberanian. Ada yang membaca puisi, ada yang memainkan salah satu teknik olahraga, ada yang menyanyi, dan masih banyak lagi keahlian kesenangan adik-adik baru ini. Penjaga meja minbak ini adalah delegasi dari bidang orksebud.
Kelima, meja advokasi. Menjadi seorang mahasiswa kerap kali didatangkan dengan berbagai masalah yang ada. Baik terkait biaya pendidikan ataupun hal-hal lainnya. Oleh karenanya, advokasi sebagai salah satu solusi dalam pendampingan membantu menyelesaikan masalah tersebut harus disosialisasikan sejak dini. Penjaga meja advokasi ini adalah delegasi dari bidang sospol.
Keenam, meja organisasi. Berinteraksi dengan suatu kelompok memang mendatangkan banyak manpaat bila kita dapat meresapinya dengan benar. Sejak jaman SD hingga SMA, bagi sebagian orang mungkin ada yang berkecimpung mengikuti berbagai organisasi. Disini akan didata ulang, mengenai orang-orang yang mengikuti organisasi ataupun bagi mereka yang belum sama sekali. Memasuki dunia kampus, tentu akan dihadapkan dengan banyak organisasi. Baik yang bersifat keagamaan, kenalaran, keolahragaan, kesenian, dan lain sebagianya. Oleh karenanya, di meja organisasi turut disosialisasikan pula mengenai organisasi yang ada di UPI. Penjaga meja organisasi ini adalah delegasi dari bidang PSDO.
Pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru di tahun 2015 ini adalah sebanyak 5 kali. Yakni pada tanggal 10 Januari 2015 (Gel. SNMPTN Reguler), 12 Agustus 2015 (Gel. SBMPTN Reguler), 14 Agustus 2015 (Gel. SNMPTN Bidik Misi), 20 Agustus 2015 (Gel. SM-UPI), dan 22 Agustus 2015 (Gel. SBMPTN Bidik Misi)





0 komentar: