Rumah ke-2 itu organisasi



            Organisasi merupakan miniatur keluarga, dimana di dalamnya terdapat struktur mengenai peran dan fungsi setiap anggota yang ada di dalamnya. Organisasi juga seperti miniatur kehidupan, karena kehidupan begitu kompleks sehingga tak mudah untuk dapat mengartikan segala hal yang terjadi pada kehidupan ini, namun pada akhirnya segala permasalahan dapat terselesaikan dengan kerja keras dan bekerjasama.
            Organisasi mengajarkan banyak hal yang dapat kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari, seperti di keluarga, di sekolah, dan di lingkungan lainnya. Organisasi berperan besar dalam membentuk seseorang dewasa dalam bertanggungjawab, cerdas dalam berpikir, dan bijak dalam memimpin. Banyak pengalaman dan pelajaran yang dapat kita peroleh dengan masuk organisasi, diantaranya menambah banyak relasi dan kemampuan dalam menghadapi berbagai situasi.
            Kita akan mengenal istilah pemimpin dalam organisasi, ia adalah tokoh utama dalam pergerakan suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah digagas bersama, pemimpi tidak dapat berdiri sendiri karena ia membutuhkan partner-partner perjuangan yang tangguh sebagai pondasi sebuah organisasi, maka disinilah kita belajar bekerjasama dalam kelompok, karena tolak ukur keberhasilan organisasi adalah tercapainya tujuan, atas dasar kerja sama, dan tanggungjawab besar yang diemban bersama.
            Organisasi merupakan tempat terbaik dalam menjalin interaksi, karena setiap orang yang berada di organisasi adalah orang-orang pilihan yang memiliki tugas dan tanggungjawab. Sehingga, apapun yang di diskusikan merupakan segala hal yang berkaitan dengan rencana dan tujuan organisasi. Perjalanan organisasi tidak selalu berada dijalan yang lurus tanpa rintangan sama sekali, justru sebaliknya orag-orang yang berada dalam organisasi harus siap dihadapkan dengan berbagai macam situasi dan menghadapi masalah, maupun tekanan. Bila kita menyikapi segala hal dalam organisasi itu seorang diri, bisa dipastikan bahwa kita tidak dapat menyelesaikan suatu masalah itu sampai tuntas bila sendiri.
            Organisasi tempat terbaik dalam mendidik kita untuk menjadi pribadi yang dewasa dan bertanggungjawab, sehingga kita mampu memposisikan diri di lingkungan manapun, kegiatan apapun, dan bekerjasama dengan siapapun.
 

Anita Yulia,
Pengurus BEM KEMA PLS 2015-2016

0 komentar: